faktor usia

Usia

Usia adalah umur individu yang terhitung mulai saat dilahirkan sampai berulang tahun, semakin cukup umur, tingkat kematangan dan kekuatan seseorang akan lebih matang dalam berpikir dan bekerja, (Arikunto, 2006)                       

Dalam kurun reproduksi sehat dikenal bahwa usia aman untuk kehamilan dan persalinan adalah 20-30 tahun. Kematian maternal pada wanita hamil dan melahirkan pada usia di bawah 20 tahun ternyata 2-5 kali lebih tinggi daripada kematian maternal yang terjadi pada usia 20-29 tahun. Kematian maternal meningkat kembali sesudah usia 30-35 tahun. Ibu-ibu yang terlalu muda seringkali secara emosional dan fisik belum matang, selain pendidikan pada umumnya rendah, ibu yang masih muda masih tergantung pada orang lain (Rangga, 2012)

Setiap kehamilan mempunyai faktor yang saling berpengaruh karena mereka saling berkait satu sama lain dan merupakan suatu hubungan sebab akibat. Dalam kehamilan berbagai faktor tersebut yang ada yang menjadi faktor resiko bahaya pada kehamilan sehingga kehamilan tidak berhasil/gagal.

Menurut Solihah (2007), Kelompok yang memiliki faktor resiko tinggi bahaya kehamilan yaitu kelompok terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering hamil            dan      terlalu  banyakanak:
1. Terlalu  Tua

Hamil pada usia tua atau >35 tahun merupakan faktor resiko bahaya dalam kehamilan baik bahaya bagi ibu maupun janin di mana pada usia tersebut keadaan kesehatan dan fungsi alat reproduksinya mengalami penurunan fungsi sehingga kemungkinan kehamilan dan persalinannya mengalami penyulit. Semakin tua pertambahan umur atau lebih dari 40 tahun kemungkinan lebih besar mengalami tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit kardiovaskuler selama kehamilan. Pada beberapa wanita dengan usia lebih tua, penurunan kesehatan otot dan fleksibilitas tulang sendi yang mempersulit kontraksi sehingga kelahiran rata-rata lebih lama dan sedikit rumit, dengan lebih sering harus di lakukan opersi caesar (SC) dan pertolongan kelahiran lain (ekstraksi vakum)    (Murkoff,   2007).

2. Terlalu  Muda

Kematian maternal pada wanita hamil dan melahirkan pada usia dibawah 20 tahun akan meningkat 2-5 kali lebih tinggi dari pada kematian maternal yang terjadi pada usia 20-29 tahun (Prawirohardjo, 2007).

Hamil pada usia muda atau <20 th merupakan faktor resiko bahaya kehamilan bagi ibu maupun janin dimana pada usia tersebut keadaan kesehatan, kementalan fisik dan fungsi alat reproduksi belum matang, belum siap untuk hamil (Murkoff , 2007).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s